Jika Anda senang mendaki gunung ada beberapa hal penting yang perlu diketahui untuk dipersiapkan sebelum mendaki dan jangan sampai lupa. Salah satu hal penting tersebut adalah bekal makanan yang dibutuhkan selama mendaki.
Makanan memang hal terpenting yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pendakian karena tidak tersedianya penjual makanan di atas gunung. Namun ada sebagian gunung yang memiliki warung dan menjual beberapa jenis makanan, akan tetapi tidak setiap hari warung tersebut buka terkadang tutup dan harganya juga cukup mahal.
Makanan di gunung
Saat mendaki tubuh perlu asupan gizi yang lebih via instagram kuliner gunung
Untuk itu perlu kita persiapkan makanan secukupnya yang bisa memenuhi kebutuhan selama pendakian. Makanan yang dipersiapkan dikelompokkan sesuai dengan lamanya kegiatan pendakian yang dilakukan dan seberapa tahan/awet makanan tersebut dapat disimpan.

 

Jenis makanan yang dipersiapkan juga harus diperhatikan untuk menyesuaikan dengan keadaan di atas gunung, seperti jenis makanan yang mudah dimasak dan memiliki perotein dan vitamin yang tinggi agar tubuh tetap sehat dan kuat. Contoh jenis makanan tersebut seperti :
1. Beras/Nasi
masak di gunung
Kangen masak di ketinggian via instagram ardiandian
Makanan pokok orang Indonesia adalah nasi, sebaiknya Anda membawa beras/nasi untuk memenuhi karbohidrat yang dibutuhkan tubuh.
 
2. Sayur 

tadacip 40 mg.

Sayur sop
The best sayur sop via instagram sitawulandewi
Sayur memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh, selain itu juga sayur merupakan lauk yang paling mudah untuk dimasak. Hanya dengan merebus sayur dan menambahkan bumbu masak sudah bisa disajikan.
 
3. Telur, Tahu dan Tempe
makanan berenergi
Makanan-makanan berenergi via instagram lia_luli
Ke-3 jenis makanan ini cocok untuk dijadikan sebagai lauk karena memiliki protein dan vitamin yang tinggi juga dapat mengembalikan stamina agar tetap bugar. Jenis makanan ini juga cukup mudah untuk memasaknya.
4. Roti
sarapan pagi di gunung
Jangan lupa sarapan, sebelum jam 9 via instagram kulinergunung
Makanan ini sepertinya wajib untuk dibawa, karena penyajiannya cukup instan dan mengeyangkan selain itu juga ringan untuk di bawa. Roti juga sering dijadikan sebagai sarapan untuk pengganjal lapar yang ditambahkan dengan segelas susu/kopi di pagi hari.
 
5. Buah-buahan
Buah sehat
Happy weekend via instagram yonelipharm
Buah memiliki peran penting untuk tubuh yang dapat melengkapi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. Dalam pendakian yang paling di utamakan adalah kesehatan, untuk itu makanlah dengan pola hidup yang sehat.
 
6. Snack/Cemilan
raja ampat
Like this via instagram din_kembarapulau
Makanan ini hanya sebagai pelengkap untuk menikmati keindahan alam saat berada di atas gunung. Bawalah makanan-makanan ringan secukupnya  seperti kuaci, kacang, snickers, dan lain-lain.

 

Itulah jenis-jenis makanan yang perlu untuk dipersiapkan saat ingin mendaki gunung. Dan bawahlah makanan-makanan tersebut secukupnya saja dan jangan berlebihan nanti tidak sanggup untuk membawanya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, apabila ada kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar dibawah ini.

Jangan lupa di share ya, agar teman-teman kita yang lain tahu 🙂

Sumber : kitasatu.com